Gua Maria Sendang Jatiningsih

Keheningan Devosi di Tepi Sungai Progo

Sebagai tempat berdoa atau melakukan perenungan. Tempat ini jauh dari polusi udara dan hiruk pikuk keramaian. suara kendaraan pun hampir tidak terdengar, yang ada adalah suasana hening yang mendalam.

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria ini berada di tepi Sungai Progo dengan rerimbunan pohon-pohon jati masih banyak ditemukan disana. Suasana tenang dan damai membuat para peziarah dapat berdoa dengan khusuk. Karena terletak di pinggiran sungai progo, bunyi percikan air sangat menambah hikmatnya suasana. Di Gua Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih, Anda akan menemukan ketenangan jiwa dan raga.

Gua Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih berada di wilayah Paroki Klepu, Dusun Jitar, Desa Sumberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

sejarah

Gua Maria JatiningsihPada awalnya gua maria ini diberi nama Sendang Pusung (Sing Ngapusi Busung = siapa yang berbohong akan terkena tulahnya), sesuai dengan nama asli gua, kemudian namanya diubah menjadi Sendang Jati(ning)sih, yang artinya sumber air dari rahmat Tuhan yang sungguh-sungguh mendatangkan kedamaian.

Gua yang dibangun pada tahun 1986 ini diberkati sebagai Gua Maria Ratu Perdamaian pada tahun 2000 oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Dr. Ig. Suharyo Pr.

kompleks-ziarah

Gua Maria JatiningsihSeperti layaknya tempat ziarah Katholik lainnya, Gua Maria Sendang Jatiningsih juga terdapat sendang (mata air) yang airnya dialirkan melalui kran-kran yang dipasang di tempat ini. Air yang mengalir di kran ini disebut juga Tirta Wening Banyu Panguripan. Biasanya peziarah menggunakan tirta wening ini untuk mencuci muka bahkan ada pula yang membawa pulang ke rumah.

Sebuah salib besar diletakkan di samping Gua Maria, sedangkan pendopo tepat di depan pelataran doa dapat digunakan sebagi tempat istirahat.

agenda-rohani

Gua Maria JatiningsihSebagai salah satu tempat ziarah, Gua Maria Sendang Sriningsih menyediakan pelayanan doa dan ekaristi pada Bulan Maria yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Sedang untuk Doa Novena diadakan setiap malam Jumat Kliwon di sepanjang tahun. Perayaan ekaristi dimulai pada malam hari dan dilanjutkan dengan penghormatan kepada Sakramen Maha Kudus.

akses-masuk

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Sendang Jatiningsih terletak 17 km di bagian barat kota Yogyakarta, lokasi ini bisa ditempuh dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika dengan angkutan umum, peziarah dapat naik dari terminal bus Giwangan, peziarah dapat menaiki bus Prayogo dengan tujuan Yogya-Ngapak atau Bus Pemuda dengan tujuan Yogya-Girimulyo. Sesampainya di terminal satelit Ngapak, peziarah turun dan melanjutkan berjalan kaki melewati dusun pingitan selama kurang lebih 10 menit. disini ada 2 (dua) arah menuju lokasi, yang pertama melalui rute jalan salib sejauh 600 meter, dan yang kedua melalui jalur biasa sejauh 400 meter.

fasilitas-pendukung

Sebagai tempat ziarah umum umat Katholik, Gua Maria Sendang Jatiningsih memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh peziarah. Fasilitas tersebut antara lain toilet umum yang tersebar di pelataran maupun komplek sendang, kios suvenir dan makanan, tempat parkir yang luas, aula St. Aloysius, rute jalan salib, pendopo-pendopo yang digunakan untuk beristirahat atau berdoa, serta kapel tebuka yang sering digunakan untuk kegiatan misa.

Gua Maria Jatiningsih

Bagi peziarah yang ingin menyalakan lilin di bawah gua namun tidak membawanya, dikomplek ini menyediakan tempat-tempat penyimpanan lilin. Peziarah dapat mengambil lilit tersebut dengan mengganti uang Rp. 1000,-/lilin. Uang tersebut bisa dimasukkan ke dalam kotak yang sudah disediakan. Penginapan pun disediakan dilokasi ini sebagai tempat retreat atau rekoleksi.

Warung-warung makan dan Toko Cinderamata Rohani banyak terdapat di sepanjang pintu masuk dan menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Tak terkecuali oleh-oleh tradisional khas daerah setempat.

wisata-sekitar

Gua Maria JatiningsihBerbagai tempat pariwisata di sekitar tempat ziarah ini dapat Anda kunjungi, diantaranya adalah Kali Progo, Pantai Ancol, dan tidak ketinggalan Kota Yogyakarta yang merupakan Kota Wisata.

Sedangkan tempat-tempat ziarah yang jaraknya relatif cukup berdekatan dengan Gua Maria Sendang Jatiningsih adalahGua Maria Lawangsih dan Gua Maria Lourdes Sendangsono.

Kerinduan umat Allah dalam menyelami pengalaman batin dan mencari jati diri, sungguh akan terobati lewat renungan, meditasi dan berdevosi melalui perantaraan Sang Bunda Kudus Santa Perawan Maria, di Gua Maria Sendang Jatiningsih.

Dapatkan Update Panduan Ziarah Gua Maria Sendang Jatiningsih, melalui Link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/0B7-Ca2WMmrYqdU13M0dtZ19paDQ/view?usp=sharing

Selamat Menemukan Kerahiman Ilahi….
Semoga peziarahan anda dapat membawa berkah yang melimpah bagi anda dan keluarga.
Berkah Dalem.
Amin.

galeri-foto

 

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatiningsih

 

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatiningsih

 

Satu respons untuk “Gua Maria Sendang Jatiningsih

Tinggalkan komentar