Rekreasi, Relaksasi Penyeimbang Fisik dan Rohani

Setiap manusia butuh rekreasi, sebuah relaksasi, penyegaran setelah menjalani aktivitas rutin sehari-hari. Disamping untuk penyegaran, rekreasi juga dapat mengembalikan energi yang terkuras selama menjalani rutinitas keseharian tersebut. Dengan kata lain, rekreasi, sesederhana apapun bentuknya, sangat diperlukan, terlebih untuk menjaga keseimbangan fisik dan rohani seseorang.

 

Secara umum, rekreasi ataupun wisata dapat digambarkan sebagai perjalanan untuk rekreasi atau liburan.

Manfaat Wisata

Sebagai suatu kegiatan rekreasi, banyak manfaat yang dapat kita ambil, diantaranya :

  • Melepaskan penat dan keletihan baik fisik maupun rohani, terlebih setelah melakukan berbagai rutinitas yang sangat menyita waktu dan tenaga dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

  • Mempererat dan mengharmoniskan hubungan keluarga. Dengan melakukan rekreasi, interaksi antar anggota keluarga yang kurang seiring dengan rutinitas masing-masing pribadi akan dapat kembali harmonis.

 

 

  • Menambah wawasan. Berwisata juga dapat menambah wawasan kita tentang adat istiadat suatu daerah tertentu, kondisi dan keadaan daerah tersebut, bahkan akan semakin menambah pengetahuan akan leragaman budaya daerah lain.

 

 

  • Sarana berpetualang. Dengan melakukan petualangan, akan memacu adrenalin kita sehingga lebh segar, energik dan kembali bersemangat dalam menjalani tugas keseharian nantinya.

 

 

 

  • Mensyukuri karunia Ilahi. Dengan mengetahui keindahan alam yang bukan merupakanciptaan manusia, kita akan semakin menyadari berkah dan karunia ilahi, betapa kecilnya manusia di mata Sang Pencipta.

Ragam Wisata

Terdapat berbagai ragam ataupun jenis wisata baik itu wisata alam maupun buatan, diantaranya :

Wisata Alam

Sesuai dengan namanya, wisata jenis ini adalah wisata yang berhubungan dengan alam (outdoor). Misalnya : wisata pantai, sungai, danau, air terjun, hutan, gunung, gua, pulau, dan sebagainya.

Wisata Sejarah

Wisata jenis ini adalah wisata yang berhubungan dengan nilai-nilai dan peninggalan sejarah. Misalnya : candi, prasasti, istana, benteng, makam, tempat ibadah, museum, monumendan sebagainya.

Wisata Budaya

Wisata jenis ini bertujuan untuk melihathasil budaya suatu daerah tertentu. Misalnya :upacara adat, ritual adat, seni pertunjukan, dan sebagainya.

Wisata Kuliner

Wisata ini menitikberatkan pada perburuan makanan khas di suatu daerah. Misalnya : Nasi Liwet di Solo, Gudeg di Yogyakarta, Rujak Cingur di Surabaya, dan sebagainya.

Wisata Religi

Wisata ini lebih bersifat religius, dimana tempat-tempat yang dikunjungi adalah tempat-tempat suci, tempat rohani atau segala yang berhubungan dengan religiusitas.
Misalnya : Wisata Ziarah Gua Maria, Wisata Ziarah Wali, dan sebagainya.

Wisata Minat Khusus

Jenis wisata ini menitikberatkan pada minat tertentu. Misalnya : kerajinan, arsitektur khas, agro wisata, kebun binatang, dan sebagainya.

Wisata Belanja

Wisata jenis ini bertujuan untuk berbelanja, baik belanja barang-barang tradisional maupun modern. Misalnya : wisata belanja di Malioboro (Yogyakarta), Pasar Klewer (Solo), dansebagainya.

 

Waktu Wisata

Waktu menjadi faktor yang penting ketika kita hendak melakukan rekreasi. Hal ini berkaitan dengan segala persiapannya termasuk tujuan, transportasi, tempat bermalam dan sebagainya. Waktu pelaksanaan wisata dapat dikategorikan sebagai berikut :

Wisata Mingguan

Dari namanya dapatlah kita ketahui bahwa wisata jenis ini dilakukan setiap minggu atau pada akhir pekan. Misalnya : shopping ke pusat perbelanjaan, jogging di pagi hari, dan sebagainya.

Wisata Bulanan

Wisata bulanan menjadi alternatif bagi keluarga yang setiap anggotanya selalu disibukkan dengan rutinitas harian yang menyita waktu sehingga jarang berkumpul dengan keluarga.

Wisata Musiman

Yang dimaksud dengan wisata musiman adalah wisata yang dilakukan pada waktu tertentu, misalnya disaatliburan sekolah ataupun liburan hari raya. Salah satu resiko dari wisata jenis ini adalah padatnya tempat-tempat wisata oleh pengunjung karena sama-sama memanfaatkan waktu libur. Sebagai imbasnya, harga-harga biasanya ikut melonjak seiring meningkatnya permintaan, mulai dari tempat parkir, tiket masuk, makanan, oleh-oleh dansebagainya.

WisataTahunan

Wisata Tahunan menjadi alternatif wisata yang biasa dilakukan oleh keluarga besar. Waktu seperti Tahun Baru, kesempatan cuti panjang, bahkan pada hari-hari istimewa ketika berulang tahun dapat dimanfaatkan untuk berekreasi bersama keluarga. Wisata jenis ini basanya sudah direncanakan jauh hari sebelumnya.

Wisata Tak Terencana

Sesuai dengan istilahnya, wisata jenis ini bersifat dadakan, tak terencana, spontan dan terkadang betul-betul tanpa arah dan persiapan. Rutinitas yang terlalu memeras energi terkadang membuat kita merasa suntuk dan ajakan sederhana untuk sejenak melepaspenat inilah yang kemudian menjadikan rekreasi ataupun wisata kita menjadi tak terencana.

 

Raphael Tour Organizer adalah sebuah Tour Organizer yang siap membantu Anda dalam melakukan kegiatan rekreasi. Tak hanya mendesign rekreasi sesuai keinginan, waktu dan biaya yang Anda miliki, Raphael Tour Organizer juga akan mempersiapkan segala sesuatunya guna memperlancar agenda rekreasi Anda.

Raphael Tour Organizer tak hanya melayani ziarah wisata, namun kini lebih mengedepankan ziarah dan rekreasi yang tersusun rapi sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari penjemputan peserta, agenda ataupun rencana perjalanan, akomodasi ataupun sarana prasarana penunjang wisata Anda mulai dari transportasi, hotel, konsumsi, hingga urusan ticketing akan ditangani semua.

Harapan kami, peserta dapat lebih fokus dalam melakukan ziarah maupun rekreasi tanpa dipusingkan oleh hal-hal yang bersifat teknis dalam pelaksanaannya. Sebagai ‘Teman Setia Anda Menemukan KerahimanNya‘, Raphael Tour Organizer berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara total atau menyeluruh sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Keunggulan kami adalah keterbukaan dalam mendesign rencana perjalanan Anda, dengan demikian, segala sesuatu yang berhubungan dengan budgeting dapat diatur sedemikian rupa diawal sehingga dapat menekan pengeluaran Anda semaksimal mungkin.

 

Tinggalkan komentar